Rabu, 18 Juli 2012

Faktor Susah Makan Pada Anak

Pemberian makan pada anak sering menjadi masalah buat orangtua, keluhan tersebut sering dikeluhkan orang tua kepada dokter yang merawat anaknya. Kesulitan makan karena sering dan berlangsung lama sering dianggap biasa. Sehingga akhirnya timbul komplikasi dan gangguan tumbuh kembang lainnya pada anak. Salah satu keterlambatan penanganan masalah tersebut adalah pemberian vitamin tanpa mencari penyebabnya sehingga kesulitan makan tersebut terjadi berkepanjangan .Dengan penanganan kesulitan makan pada anak yang optimal diharapkan dapat mencegah komplikasi yang ditimbulkan.
 
Gejala kesulitan makan pada anak antara lain : 
  1. Kesulitan mengunyah, menghisap, menelan makanan atau hanya bisa makanan lunak atau cair, 
  2. Memuntahkan atau menyembur-nyemburkan makanan yang sudah masuk di mulut anak,  
  3. Makan berlama-lama dan memainkan makanan, 
  4. Sama sekali tidak mau memasukkan makanan ke dalam mulut atau menutup mulut rapat, 
  5. Memuntahkan atau menumpahkan makanan, menepis suapan dari orangtua, 
  6. Tidak menyukai banyak variasi makanan dan 
Penyebab :
Faktor penyebab sangat banyak antara lain hilang nafsu makan, gangguan proses makan di mulut dan   pengaruh psikologis. Penyebab paling sering adalah hilangnya nafsu makan, diikuti gangguan proses makan

Penanganan Kesulitan Makan pada Anak 
  1. Pastikan apakah betul anak mengalami kesulitan makan cari penyebab kesulitan makanan pada anak,
  2. Identifikasi adakah komplikasi yang terjadi, 
  3. Pemberian pengobatan terhadap penyebab, 
  4. Bila penyebabnya gangguan saluran cerna (seperti alergi, intoleransi atau coeliac), hindari makanan tertentu yang menjadi penyebab gangguan.
Pemberian suplemen vitamin atau obat tertentu sering diberikan pada kasus kesulitan makan pada anak. Tindakan ini bukanlah cara terbaik untuk menyelesaikan masalah, bila tidak disertai dengan mencari penyebabnya. Kadangkala pemberian vitamin atau obat-obatan justru menutupi penyebab gangguan tersebut, kalau penyebabnya tidak tertangani tuntas maka keluhan tersebut terus berulang. Bila penyebabnya tidak segera terdeteksi maka anak akan tergantung dengan pemberian vitamin tersebut Bila kita tidak waspada terdapat beberapa akibat dari pemberian obat-obatan dan vitamin dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar